Selamat Hari Guru Nasional! Terima kasih, Guru!

Setiap tanggal 25 November , Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Pasti kalian banyak yang bertanya-tanya, “Why every date 25 November di peringati Hari Guru Nasional?”

Hari Guru di Indonesia diperingati pada tanggal 25 November. Sedangkan di seluruh dunia Hari Guru diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Tujuan dari diperingatinya Hari Guru adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan memperingati jasa yang telah mereka berikan kepada generasi penerus sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Hari Guru diawali dengan didirikannya PGRI pada tanggal 25 November 1945, yaitu 100 hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Cikal bakal lahirnya PGRI diawali dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912, kemudian berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) tahun 1932. Pada masa pemerintaan Belanda, guru membentuk sebuah organisasi yang dinamai Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi yang terbentuk pada tahun 1912 tersebut beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda mereka pada umumnya di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua. Kesadaran akan pentingnya pendidikan dan semangat juang yang sejak lama tumbuh, mendorong guru pribumi untuk berjuang akan persamaan hak dan cara dengan pihak Belanda.

Saat zaman pendudukan Jepang, organisasi dilarang dan sekolah ditutup sehingga PGI tidak dapat melakukan aktivitas lagi. Namun, semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi dasar PGI untuk menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta.

Melalui kongres ini, semua organisasi dan kelompok guru yang didasarkan pada perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuangan, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Di dalam kongres inilah, tepatnya pada 25 November 1945, PGRI didirikan sehingga dengan demikian tahun 2020 ini merupakan 75 tahun berdirinya PGRI.

Hari Guru di Indonesia bukan libur resmi, tetapi dirayakan dalam peringatan peringatan di setiap sekolah-sekolah dan mempersembahkan dan tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan staf sekolah. Karena di Indonesia guru strategi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

sudah sepantasnya kita menghargai segala jasa para guru kita dengan cara belajar yang rajin dan memperjuangkan nilai-nilai baik yang telah mereka ajarkan. Guru kita akan selalu menjadi guru kita meski sekarang kita sudah kuliah. Sudah saatnya bagi kita untuk melanjutkan perjuangan para guru sehingga dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*