Sejarah

Kabupaten Banyuasin telah terbentuk dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2002 yang merupakan manifestasi dari kehendak masyarakat di daerah ini yang sudah mulai dirintis sejak tahun 1957 dan baru terwujud pada tanggal 2 juli 2002. Harapan masyarakat di Kabupaten Banyuasin ini tentunya menginginkan perubahan kearah yang lebih baik dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat. Untuk dapat mewujudkan keinginan masyarakat ini Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan dinas/instansi dan pihak swasta harus bekerjasama untuk melakukan pembangunan di segala bidang.

Dalam rangka melaksanakan pembangunan, tentunya diperlukan suatu acuan dan pedoman dari seluruh instansi dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Banyuasin, yang nantinya akan merupakan satu kesatuan Rencana Strategis Pembangunan Kabupaten Banyuasin dalam periode lima tahun.

Untuk itulah maka sebagai acuan dan pedoman dalam melaksanakan pembangunan di bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Kabupaten Banyuasin, yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pembentukan Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Banyuasin.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melaksanakan tugas yang terkait dengan permasalahan ketenagakerjaan dan ketransmigrasian. Bidang ketenagakerjaan sendiri meliputi masalah tenaga kerja dengan permasalahan pengurangan angka pengangguran, tingkat produktivitas serta penempatan tenaga kerja maupun tenaga kerja dan pengusaha  yang ada di perusahaan-perusahaan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. Bidang ketransmigrasian meliputi masalah penempatan dan pembinaan Permukiman Transmigrasi (UPT).